pendidikan lingkungan hidup

berbagi pengetahuan mengenai pendidikan dan lingkungan hidup di Indonesia

Pendidikan Lingkungan Hidup di Kalimantan Timur

1 June 2005 by timpakul · No Comments · informasi

menuju penas jpl 2007Kalimantan Timur merupakan salah satu propinsi terluas di Indonesia yang memiliki sumber daya yang sangat kaya. Pengelolaan dan pemanfaatan yang diterapkan selama ini telah memberikan kontribusi yang berdampak positif untuk pembangunan sekaligus dampak negatif berupa penurunan mutu lingkungan dalam bentuk pencemaran-pencemaran yang serius dan pengurangan luasan hutan. Kondisi ini menggambarkan bahwa konsep pengelolaan dan atau pemanfaatan yang dilaksanakan belum mencerminkan pengelolaan dan pemanfaatan yang berkelanjutan. Konsep perencanaan pembangunan yang dijadikan acuan oleh pemerintah sebagai pembuat keputusan sampai saat ini belumlah mencerminkan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan menganggap bahwa sumber daya alam yang terkandung dalam bumi nusantara ini jumlahnya tidak terbatas, dapat diperoleh gratis, dan dapat diperoleh dalam jangka waktu yang tidak terbatas.

Pendidikan lingkungan merupakan salah satu faktor penting dalam meraih keberhasilan dalam pengelolaan lingkungan hidup, juga menjadi sarana yang sangat penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan prinsip pembangunan berkelanjutan. lbarat sebuah pelita dalam kegelapan malam, pendidikan lingkungan hadir sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian akan lingkungan. Pendidikan lingkungan tidak akan merubah situasi dan kondisi yang telah rusak menjadi baik dalam waktu sekejap, melainkan membutuhkan waktu, proses dan sumber daya.

Di Kalimantan Timur Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup non formal banyak mengusung tema-tema tentang perusakan lingkungan di sektor Kehutanan dan Tambang yang dipelopori oleh banyak LSM baik lokal maupun internasional. Kondisi saat ini, Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur, melalui Dinas Pendidikan Nasional Kaltim telah memiliki komitmen untuk pelaksanaan PLH di sekolah-sekolah pada tahun 2006. Selain itu, Bapedalda Propinsi Kalitm juga telah menganggarkan pelaksanaan lokakarya PLH tingkat Propinsi untuk tahun 2005 ini.

Untuk Pendidikan Lingkungan Hidup formal dipelopori oleh Kota Balikpapan yang mencetuskan kurikulum mutan lokal Pendidikan Kebersihan dan Lingkungan Hidup (PKLH) dan mewajibkan penerapannya di semua sekolah di Balikapapan dari tingkat SD sampai dengan SLTP tahun 2003. Dan akhirnya meskipun sebagian besar Kabupaten/Kota lainnya di Kalimantan Timur belum menampakkan niat untuk membuat Mulok yang serupa, beberapa kabupaten/kota seperti Tarakan, Samarinda dan Malinau cukup termotivasi untuk menerapkan PLH di sekolah-sekolah.

No Comments so far ↓

There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment